APA ITU MICROSOFT NET FRAMEWORK ?


Microsoft .Net Framework merupakan suatu lingkungan kerja untuk memudahkan pengembangan dan eksekusi berbagai macam bahasa pemrograman dan kumpulan pustaka-pustaka (library) agar dapat bekerja sama dalam menjalankankan aplikasi berbasis Windows.
Selama ini, komputer hanya dapat mengerti satu bahasa saja, yaitu bahasa mesin (assembly), namun ketika Anda mendevelop suatu aplikasi dengan bahasa .Net, kemudian dijalankan… maka komputer tidak akan memahami bahasa mesin tersebut sehingga komputer akan menampilkan pesan kesalahan (error message), hal ini disebabkan karena aplikasi yang dibangun dengan bahasa .Net ini membutuhkan suatu komponen yang berguna sebagai “penerjemah“.  Hasil dari kompiler .Net sendiri bukanlah bahasa mesin pada umumnya (yang dapat dimengerti komputer). Bahasa mesin yang dihasilkan oleh kompiler .Net dinamakan “Intermediate Language (IL)“. IL merupakan mesin virtual yang dikembangkan oleh Microsoft, sehingga mesin virtual inilah yang hanya dapat memahami aplikasi yang dibuat dengan bahasa .Net, dan .Net Framework sendiri yang bertugas sebagai penerjemah perintah-perintah dalam IL menjadi bahasa mesin pada umumnya.

.Net Framework mempunyai dua komponen utama yaitu Common Language Runtime(CLR)dan .Net Framework Class Library.
Aplikasi-aplikasi yang dijalankan untuk .Net Framework dapat dijalankan pada suatu perangkat lunak yang mengatur persyaratan-persyaratan runtime program. Runtime environment inilah yang dikenal sebagai CLR. CLR sendiri berperan dalam mengatur kode pada saat di eksekusi, selain itu juga CLR menyediakan fasilitas seperti manajemen memori,thread, keamanan aplikasi, dan penanganan kesalahan pada saat di eksekusi (exception handle). Kode yang menggunakan runtime dikenal dengan managed code, sedangkan kode yang tidak menggunakan runtime dikenal dengan unmanaged code.
managed code artinya program yang dibangun dengan menggunakan .Net Framework, hal ini dikarenakan .Net Framework sendiri melakukan pemeriksaan dan penanganan dalam banyak hal sebelum suatu aplikasi dijalankan, seperti masalah keamanan, dan lain sebagainya.
.Net Framework Class Library
Class library merupakan kumpulan class-class berorientasi objek yang digunakan untuk membuat suatu aplikasi, baik itu dalam modus konsol ataupun dalam modus grafik (GUI),


WINDOWS 8 TIDAK MENYEDIAKAN .NET FRAMEWORK 2-3.5 ? APA IYA??

Sebenarnya , Windows 8 sudah mengikut sertakan .Net Framework di file nya, hanya saja tidak terinstall otomatis.. dan cara menginstallnya pun gak semudah install software. tapi jangan khawatir.. ikuti langkah berikut dengan teliti.

langsung aja step by step..
1.pertama tama kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SAW
2.mount CD windows 8
3.cari folder source - sxs - di copy se foldernya sxs
4.buat folder di root folder local disc C beri nama Net
#nah path nya jadi " C:\net\sxs " (ini yang akan dituliskan pada source nya)
5.paste di dalam folder tersebut
jadi pathnya namanya C:\net\sxs
6. masuk ke : my computer - local disc C - windows - sistem32 - cmd
#pas CMD klik kanan run as administrator
7.tulis script ini di cmd
DISM.exe /online /enable-feature /featurename:NetFX3 /source:c:\net\sxs /limitaccess
tunggu 100%..
8.jadi..
9.teriak "HOOOKKYAA!!!"

Itu pake spasi! jangan lupa spasinya pas scriptnya oke? selamat mencoba oke? semoga berhasil oke?



0 comments:

Post a Comment

 
Top