Jangan Harap Bisa Beli iPhone Murah di IndonesiaDi beberapa negara maju, pembelian iPhone dan smartphone hig-end lainnya dapat dilakukan dengan sistem kontrak melalui operator seluler tertentu. Bisa dalam jangka waktu dua tahun atau tiga tahun. Bagaimana dengan Indonesia?
Di Amerika Serikat iPhone 5 versi 32 GB bisa diperoleh dengan harga hanya US$ 199 atau sekitar Rp 2,3 juta dengan kontrak selama dua tahun, sedangkan di Indonesia bisa mencapai Rp 7,5 juta.
"Operator Indonesia bukan tidak bisa melayani pembelian smartphone dengan sistem kontrak. Kendalanya masih banyak pengguna smartphone di Indonesia adalah pengguna prabayar," kata Henry Wijayanto, Public Relations Manager at PT XL Axiata Tbk, di sela-sela diskusi New Wave of Less Cash Society: Indonesian Chapter, Kamis (21/11/2013) di Jakarta.
Henry menyebut, pelanggan di luar negeri berbeda dengan pelanggan di Indonesia. "Pelanggan di Indonesia tidak mau repot dengan sistem kontrak seperti itu. Tinggal pakai smartphone yang dibeli dan mereka bisa menikmati paket data sesuai kebutuhan," tambah Henry.
Terlebih, lanjut Henry, kondisi pengguna telepon seluler di Indonesia lebih menyukai tarif yang hemat dan praktis. Konsumen lebih suka mengontrol pemakaiannya dengan membeli pulsa di depan (prabayar) daripada membayar tagihan pemakaian (pascabayar). (isk/dew)

Sumber : www.liputan6.com
 
 
Top