NEW YORK CITY - Winamp akan secara resmi dihentikan pada 20 Desember tahun ini. AOL sebagai pemilik salah satu media player terpopuler ini belum mengungkapkan alasan dibalik penghentian layanan tersebut.
Dilansir Softpedia, Kamis (21/11/2013), AOL mengumumkan keputusannya dalam sebuah pernyataan singkat di website resmi Winamp.com. Media player ini tidak akan bisa diunduh pada tanggal yang telah ditentukan bulan depan.
"Winamp.com dan layanan web terkait tidak akan lagi tersedia setelah 20 Desember 2013. Selain itu, media player Winamp tidak akan bisa lagi diunduh. Jadi silahkan unduh versi terbaru sebelum tanggal tersebut. Terimakasih atas dukungan semuanya untuk Winamp selama lebih dari 15 tahun," demikian isi pemberitahuan tersebut.
Sampai saat ini belum diketahui secara pasti alasan keputusan mengejutkan ini. Namun laporan yang beredar yaitu karena manajemen yang buruk setelah pengembangan aplikasi ini diambil alih oleh AOL.
Winamp yang dikembangkan oleh Justin Frankel dan Dmitry Boldyrev untuk Nullsoft, diakuisisi oleh AOL pada Juni 1999. Nilai akuisisi kabarnya tidak kurang dari USD80 juta.
Pada Juni 2000, Winamp memiliki 25 juta pengguna terdaftar. Sayangnya, jumlah pengguna dilaporkan menurun secara drastis sejak saat itu.

 
Top