Memiliki 2 atau lebih nomor handphone merupakan trend yang wajar di Masyarakat Indonesia, selain harga murah dengan kuota lebih banyak dibanding beli paket, alasan dari masyarakat indonesia memiliki nomor hanphone lebih dari dua bermacam macam , dimulai dari untuk komunikasi ke rekan yang berbada operator , yang satu buat internetan , yang satu buat sms yang satu buat telponan , yang satu buat telp cewenya yang satu buat telp cowonya (Eh)  serta berbagai macam alasan lain. Namun , Apakah anda masih dapat menikmati bergonta ganti nomor handphone dan memiliki lebih dari 2 nomor handphone? .
 
Kominfo mengumumkan pada website resminya bahwa kominfo akan memberlakukan registrasi nomor pelanggan yang divalidasi dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) mulai tanggal 31 Oktober 2017. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyalahgunaan nomor dan melindungi konsumen, terutama bagi pelanggan prabayar.

Menurut Menteri Rudiantara, ketentuan mengenai registrasi pelanggan seluler sudah dikeluarkan setahun yang lalu dalam bentuk Peraturan Menteri Kominfo Nomor 12 Tahun 2016 Tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi. Proses registrasi bukan hal yang sulit selama mengikuti prosedur yang benar. "Dimana cara registrasi kartu perdana dilakukan dengan mengirimkan SMS ke 4444 dengan format NIK#NomorKK#,".

Dari info resmi yang dikeluarkan oleh kominfo menyebutkan bahwa nomor handphone harus tervalidasi oleh operator berdasar kan NIK dan KK, Akan tetapi tidak menyebutkan adanya larangan untuk memiliki lebih dari 1 nomor HP. Namun apaila dilihat dari tujuanny yaitu "Sebagai komitmen memberikan perlindungan kepada konsumen serta untuk kepentingan national single identity" mungkin saja ada peraturan yang mengatur tentang kepemilikan nomor handphone yang tervalidasi, Entahlah.

Menurut technologistid.com langkah ini merupakan suatu terobosan yang memiliki keuntungan yaitu:

1. Menjamin keamanan konsumen 
 Karena nomor handphone telah tervalidasi maka aksi penipuan yang diakses melalui nomor telpon pun akan berkurang. Karena setiap aksi teror atau peniuan dapat dengan mudah dilacak identitasnya.

2.  Bisa jadi identitas
Karena nomor handphone telah terverifikasi maka nomor tersebut sudah terintegrasi dengan KTP

Proses ini kan dimulai pada 31 Oktober 2017 hingga 29 Februari 2019 .Semoga dapat berjalan lancar ya.Tapiii, kalo untuk tidak boleh memiliki dua nomor hp sepertinya memberatkan bukan?
Nah, Gimana menurut kalian?


 






Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

0 comments:

Post a Comment

 
Top